Jumat, 03 April 2015

ASOSIASI BOLA TANGAN INDONESIA



BOLA TANGAN (HANDBALL) adalah olahraga beregu di mana dua regu dengan masing-masing 7 pemain (6 pemain dan 1 penjaga gawang) berusaha memasukkan sebuah bola ke gawang lawan. Permainan ini mirip dengan sepakbola, tapi cara memindahkan bola adalah dengan tangan pemain, bukan kaki.

Lapangan bola tangan berukuran 40 m x 20m dengan garis pemisah di tengah dan gawang di tengah kedua sisi pendek. Di sekeliling gawang dibuat garis untuk menandai daerah yang hanya boleh dimasuki penjaga gawang. Bola yang digunakan lebih kecil dari bola sepak yaitu size 3,2 dan 1. Handball dimainkan selama 2 x 30 menit. Penalti dilakukan dari jarak 7 meter. Handball juga dipertandingkan di Olimpiade.
Handball adalah permainan yang menarik dimainkan di lima benua dengan lebih dari 180 negara dan 19 juta orang dari segala usia, di seluruh dunia. Pertama kali diperkenalkan sebagai olahraga luar ruangan selama Olimpiade Musim Panas Pada 1939, sejak itu olahraga handball dalam ruangan sudah ada dalam program Olimpiade sejak tahun 1972.

Macam lainnya dari olahraga permainan Handball terdapat Handball pantai (Beach Handball), Mini Handball,Handball jalanan (street handball).

Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) adalah induk organisasi bola tangan di indonesia yang menjadi anggota dari International Handball Federation (IHF) sejak tahun 2007. Menurut Akta Notaris tentang Pendirian Asosiasi Bola Tangan Indonesia di depan Notaris Lilik Kristiwati, S.H., Asosiasi Bola Tangan Indonesia resmi berdiri tanggal 16 Agustus 2007. Pada tanggal 5 Juni 2009, ABTI resmi sebagai Full Member International Handball Federation (IHF) yang diketuai oleh Arie P. Ariotedjo.

0 komentar:

Posting Komentar